Total Tayangan Halaman

Kamis, 09 Desember 2010

PESAN UNTUK YANG DI TIM PA SAKIT ( SYAIKH MUHAMMAD HUSAIN YAQUB)

PESAN UNTUK YANG DI TIM PA SAKIT ( SYAIKH MUHAMMAD HUSAIN YAQUB)

Saya Berdoa kepada Alloh agar memberikan kesembuhan kepada Anda, kesembuhan yang tidak menyisakan sedikit pun penyakit, serta menyempurnakan kesehatan Anda selamanya, kesehatan agama, dunia dan akhirat.Saya berpesan kepada Anda, dan terlebih dulu kepada diri saya sendiri, hendaklah berprasangka baik kepada Alloh. Luruskan... Aqidah Anda denngan menyadari bahwa ujian yang menimpa anda ini dating dari Alloh yang Maha Pengasih, yang mengasihi Anda melebihi kasih saying ibu, bahkan melebihi kasih saying Anda sendiri kepada diri Anda. Alloh Maha Suci, Dialah yang menguji Anda dengan (penyakit), dan ujian itu merupakan kasih sayang-Nya kepada Anda.Jangan sibuk dengan Ujian(penyakit), sehingga melupakan “yang menguji(yang memberi penyakit)”, yaitu Alloh.Banyak orang sakit yang sibuk dengan ujian yang dihadapinya, semua pikiran mereka terfokus pada mencari dokter, pergi ke laboratorium, melakukan terapi radio, dan berbagai terapi modern lainnya, dan seterusnya tapi lupa kepada Robbnya. Padahal sepatutnya, manusia justru lebih dekat kepada Robbnya pada saat sakit. Akan lebih bermanfaat dan lebih memberikan harapan jika pada saat sakit ia mengadu sepenuh hati kepad Robbnya. Dalam Hadist Qudsi Alloh Berfirman kepada seorang hamba pada hari kiamat : ” Hamba-Ku, Aku sakit tetapi engkau tidak menjenguk-Ku!” Si hamba berkata, ‘Ya Robb, bagaiman aku menjenguk-Mu, sedangkan Engkau Robb semesta alam?’ Alloh berfirman, ‘Tidak taukah engkau, bahwa hamba-Ku si fulan sakit, tetapi engkau tidak menjenguknya. Tidakkah engkau tahu, jika engkau menjenguknya, niscaya engkau mendapati-Ku disisinya?’” Para ulama mengatakan bahwa dalam hadist ini terdapat petunjuk mengenai kedekatan Alloh kepada orang-orang yang hatinya sudah patah harapan kepada selain Alloh. Kedekatan yang tentu saja selaras dengan keagungan dan kemaha sempurnaan-Nya, “Tiada sesuatu yang seperti-Nya, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”

4. Saudaraku tercinta seyogyanya Anda berpikir tentang hikmah Ilahi dari musibah yang menimpa Anda. Alloh Maha Bijaksana, ketetapan dan takdir-Nya tidak lepas dari hikmah itu. Alooh berfirman , ”Apapun musibah yang menimpa mu maka disebabkan oleh perbuatanmu sendiri dan Dia memaafkan banyak (kesalahanmu).” 5.Ketahuilah bahwa berobat merupakan satu sebab. Pengobatan adalah suatu sebab, operasi adalah suatu sebab, obat adalah suatu sebab semua itu semata-mata sebab. Sedangkan suatu sebab tidak bias memberikan efek apapun kecuali dengan izin Alloh.. Rosululloh bersabda : “Sungguh, Alloh tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali menurunkan obatnya. Ada yang mengetahuinya dan ada yang tidak mengetahuinya. Jika obat mengenai penyakit, maka ia akan sembuh dengan izin Alloh.” Nabi menyebutkan sebab-sebab datangnya kesembuhan, yakni pertama, Mempunyai Pengetahuan tentang sebab penyakit dan pengobatannya ; dan kedua, yang benar mengenai permasalahan ini adalah hendaklah ia mengetahui benar penyakitnya (dengan benar dan dengan diagnosa yang akurat), dan resep yang diberikan hendaklah tepat. Dan syarat terakhir dan terpenting adalah adanya izin Alloh untuk diperolehnya kesembuhan. Karna itu, salah satu doa Nabi adalah : ”Ya Alloh, Engkau adalah Asy-Syafi (Maha Menyembuhkan), tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dari-Mu.”

Saudaraku, yakinlah bahwa yang memberikan kesembuhan adalah Alloh, bukan dokter atau obat. Penyembuh itu Alloh karena it hendaklah hati Anda tergantung kepada Alloh saja, bukan kepada sebab-sebab kesembuhan. Ketergantungan hati kepada sebab-sebab merupakan KESYIRIKAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar